Pelajaran Informatika IX CMS

Mengenal CMS (Content Management System)

A. Pengertian CMS

CMS merupakan singkatan dari Content Management System atau jika dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai system manajemen konten. CMS merupakan pembuat situs instan yang disediakan di internet, dapat digunakan meskipun tidak mengetahui pemrograman sama sekali, CMS juga menyediakan template.

B. Keuntungan menggunakan CMS

à Efisiensi

Dengan menggunakan CMS, membuat web tidak membutuhkan banyak waktu. CMS nemawarkan pembuatan web yang cukup cepat karena user hanya mengerjakan kontennya saja tanpa melakukan pemrograman web dari dasar.

à Mudah dan cepat dalam pembuatan

Jika pemakai belum pernah belajar pemrograman, CMS pilihan yang tepat untuk dipelajari. CMS banyak menawarkan kemudahan dari proses instalasi sampai perawatan dan pembaruan konten. CMS juga sangat membantu jika kita membutuhkan situs web dalam kondisi mendesak, hanya dalam beberapa kali klik saja dapat menampilkan halaman website.

à Pemisahan konten mudah

Meskipun proses instalasi yang dilakukan sederhana, namun fiturnya lengkap untuk menambah fitur lainnya melalui plugin yang disediakan.

à Penambahan fungsi

CMS dapat juga dibedah kode sumbernya dan disesuaikan dengan kebutuhan situs web, dengan fitur custom kode sumber sangat fleksibel menyesuaikan pengaturan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

à Dapat menambahkan banyak user

CMS memberikan kebebasan untuk menambahkan jumlah user yang dibutuhkan, ada beberapa hak akses yang diberikan dengan masing-masing tipe. Jadi, semua orang yang mengelola bisnis bisa memasukkan konten pada situsweb perusahaan sesuai dengan perannya.

à Mudah dalam maintenance

Hamper semua struktur situs web sama dan terfokus pada satu bagian saja, sehingga jika ada pembaharuan situs, tidak akan merusak situs yang ada saat ini. Kita tidak perlu melakukan perbaruan satu persatu, karena CMS akan melakukan perbaharuan secara otomatis.

à Mudah dalam mengubah desain

Saat kita akan mengganti tampilan pada situs web, kamu hanya perlu mengunggah template yang sudah dibuat dilokal atau mengunduh template berbayar. Bahkan ada CMS yang sudah menyediakan template bawaan yang kita sukai.

C. CMS berdasarkan fungsinya

o RMS (Research Management System) digunakan untuk mengelola konten web penelitian, seperti jurnal, makalah, dan skripsi.

o LMS (Learning Management System) digunakan untuk pembelajaran online.

o LibMS (Library Management System) digunakan untuk pengelolaan otomasi perpustakaan.

o SMS (School Management System) dikhususkan untuk web portal informasi sekolah yang juga dilengkapi dengan e-learning.

o E-CMS (E-Comerce Management System) dikhususkan untuk situs jualan online.

o WebBlogCMS digunakan untuk membuat blog dan membuat web portal.

D. Jenis-jenis CMS

Ø CMS WordPress

WordPress adalah sebuah CMS yang dikategorikan sebagai jenis blog. Akan tetapi banyak developer yang menggunakan CMS ini untuk membuat website. CMS WordPress ini selain user friendly, juga memiliki berbagai fitur dan layanan, CMS ini juga didukung berbagai komunikasi yang sudah menyebar luas.

Ø CMS Joomla

Mayoritas Joomla digunakan untuk membuat website company profile, personal, web sekolah, hingga took online. CMS ini dikhususkan untuk membangun website yang powerfull. CMS ini lebih kompleks dari wordpress dan system manajemennya pun lebih baik.

Ø CMS Drupal

CMS ini untuk membuat berbagai jenis web dari membuat blog sederhana sampai dengan forum online dengan komunitas yang besar. Desain CMS ini tidak sebagus Joomla, tetapi CMS ini sangat mudah untuk di-customize atau disesuaikan, juga memiliki beberapa modul tambahan yang menarik, seperti search tool dan search engine friendly URL, dan aggregator berita.

Ø Aura

Merupakan CMS buatan anak Indonesia, akan tetapi, CMS ini masih memiliki banyak kekurangan dibandingkan dengan CMS yang lain. Jika kita mampu mengembangkan CMS ini akan setara sengan CMS yang sudah popular.

Ø Opencart

CMS ini khusus untuk membuat took online. CMS ini sudah banyak digunakan oleh berbagai personal maupun developer dalam membangun took online. CMS ini memiliki e-commerce. Namun memiliki kekurangan dari sisi SEO.

Ø Prestahop

CMS ini PHP MySQL yang biasa lebih sering digunakan untuk took online karena memng basis dari themes yang beredar kebanyakan berbasis took online. CMS ini disebarluaskan secara gratis, sehingga CMS ini cepat berkembang dan memiliki komunitas terbesar di dunia.

Ø Moodle

CMS ini digunakan untuk membuat aplikasi e-learning. CMS ini memiliki berbagai fitur e-learning yang sudah lengkap, mulai dari online test, forum, dan fitur lainnya.

Ø SliMS

SLiMS atau Senayan Library Management system, adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan. Sumber terbuka yang diliensikan di bawah GPL v3. Aplikasi web yang dikembangkan oleh tim dari pusat informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia ini dibangun dengan menggunakan PHP, basis data MySQL, dan pengontrol versi Git.