PERSIAPAN SIMULASI ASESMEN NASIONAL TINGKAT SMP 2021

Simulasi Asesmen Nasional akan kembali di gelar pada 23 – 26 Agustus 2021 khususnya untuk Sekolah Menengah Pertama, pada tahun ini SMP Negeri 30 Kabupaten Tebo ikut berperan sebagai peserta juga sebagai sekolah penyelenggara, sebagai sekolah penyelenggara untuk dua Sekolah Dasar, yaitu SD N 74/VIII Rimbo Bujang dan SD N180/VIII Rimbo Bujang.

Persiapan perangkat dekstop sudah dilakukan jauh-jauh hari, namun demikian kegiatan penyelesaikan persiapan berupan pemasangan software untuk server dan client, serta sinkron data server, kegiatan tersebut dilakukan Sabtu, 21 Agustus 2021 melibatkan bapak Ahmad Muzayin sebagai wakil kesiswaan, bapak Arief prasetiyawan sebagai Kepala Laboratorium, bapak Endapit sebagai penanggung jawab labor TIK, bapak Syagiran Sebagai Proktor, dan bapak Choirudin sebagai Teknisi.

Diawali dengan pengecekan perangkat keras berupa dekstop, dilanjutkan dengan pengecekan jaringan antara dekstop ke server atau sebaliknya, pekerjaan tersebut dilakukan oleh teknisi.

Berikutnya instal VHD server, Exambrow Client, Exambrow server, dan sinkron yang dijadwalkan sabtu, 21 Agustus 2021 pukul 16.00 wib, menjadi tanggung jawab Proktor.

Kegiatan Asesmen Nasional kali ini menuntut spesifikasi dari dekstop yang digunakan oleh sekolah. Yaitu spesifikasi yang harus memenuhi standar yang telah ditentukan.

Semua tahapan telah dilalui dan dijalankan dengan baik, berbagai kendala yang dialami dilapangan dapat diatasi dengan adanya team IT SMP Negeri 30 Tebo yang handal dengan mengedepankan SPO (Standar Pelayanan Optimal). Demikian disampaikan oleh Kepala Laboratorium SMP Negeri 30 Kabupaten Tebo.

Perangkat dekstop diruang TIK berjumlah 23 unit siap dan dekstop dirungan Bahasa berjumlah 18 unit siap untuk digunakan untuk Simulasi Asesmen Nasional tahun 2021.

Oleh: Arief Prasetiyawan, S.Pd