CATATAN BIMBINGAN KONSELING

Adina Suryadi, S.Pd
Guru Bimbingan Konseling SMPN 30 Kabupaten Tebo

  1. Motivasi Belajar Siswa Rendah

Masa pandemi memang banyak menyita aktivitas dan kegiatan siswa di sekolah, mulai jam belajar yang berkurang kegiatan sekolah yang nyaris tidak ada, sistem ganjil genap yang malah dimanfaatkan siswa untuk bermain. hal ini menyebabkan iklim belajar jadi menurun, tingkat kompetitif dalam bersaing kurang.

  • Perhatian Orangtua Terhadap Anak Kurang

Dari beberapa kasus yang yang ditemui oleh bimbingan konseling, anak yang mengalami kesulitan disekolah Cenderung kurang perhatian dan pengawasan dari orang tua, bimbingan konseling kerap mendapati siswa mengirim stiker yang tidak pantas, pencarian yang tidak seharusnya siswa cari, bermain game sampai larut malam bangun kesiangan sehingga terlambat untuk ke sekolah, dalam hal belajar siswa sering tidak mengerjakan tugas dan PR, lupa membawa buku dan peralatan sekolah. menurut paham bimbingan dan konseling dan data yang kami punya hal ini karena kurangnya perhatian orangtuanya terhadap anak.

  • Kedisiplinan Anak

Tingkat kedisiplinan siswa SMPN 30 tergolong baik, secara keseluruhan siswa , hanya beberapa siswa yang masih belum mengikuti aturan sekolah dan dalam tahap bimbingan. dalam hal ini kita juga masih belum menjalankan aturan dengan maksimal dikarenakan pandemi. Akan tetapi kedepan nya sekolah akan menjalankan aturannya dengan maksimal, dengan di bantu oleh bapak ibu guru. Karena apabila dibiarkan siswa yang lain akan mencontoh perilaku buruk siswa yang lain.

  • Pengaruh Lingkungan

Lingkungan dan teman sebaya dalam pergaulan memberi pengaruh yang sangat besar dalam membentuk tingkat laku siswa di sekolah. baik pergaulan dalam lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. siswa yang biasa bergaul dengan siswa yang tidak disiplin cenderung akan mengikuti perbuatan tersebut, sementara lingkungan luar sekolah yang tidak baik juga mempengaruhi siswa seperti perkelahian, merokok atau membawa rokok ke sekolah, membawa dan bermain kartu, memalak, meminjam alat tulis dengan paksa. selian itu anak yang kurang nyaman dengan lingkungan sekolah disebabkan karena bullying, bullying masih kerap terjadi di lingkungan sekolah, hal ini membuat siswa merasa tidak nyaman dan cenderung takut untuk pergi ke sekolah, menyebabkan siswa sering tidak hadir.