PENILAIAN AKHIR TAHUN ONLINE SUKSES

Penilaian akhir tahun pelajaran 2020/2021 berjalan dengan lancar, peserta didik kelas tujuh dan delapan mengikuti ujian dengan menggunakan smarphone mandiri dan memakai komputer sekolah di ruang laboratorium bagi peserta didik yang tidak memeliki perangkat smartphone atau peserta didik yang tidak dapat log-in ke portal Ujian Penilaian Akhir tahun. ujian akhir semester ini terselenggara dengan sukses.

Penilaian Akhir Semester tahun pelajaran 2020/2021 berjalan dengan baik dan lancar, disampaikan oleh ketua panitia ujian Bapak Alfitriyanto, S.Pd

Kesuksesan tersebut tidak lepas dari kerja KePanitiaan ujian Bapak Alfitriyanto, S.Pd sebagai ketua panitia mengatakan “Ujian online kali ini berjalan dengan lancar dan sukses, kendala yang ada hanya 0,10% dan dapat diatasi oleh Tim IT yang sudah dipersiapkan”, Ujar ketua panitia Ujian.

Peserta didik yang pada saat ujian tidak dapat hadir dikarenakan sakit, maka panitia memberikan waktu untuk ujian susulan pada hari senin dan selasa, 21 dan 22 Juni 2021.

Peserta yang mengikuti kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) Genap (daftar terlampir) dengan jumlah peserta sebagai berikut:

Kelas VIIA jumlah peserta didik 28 dengan laki-laki 15 perempuan 13.

Kelas VIIB jumlah peserta didik 30 dengan laki-laki 17 perempuan 13.

Kelas VIIC jumlah peserta didik 29 dengan laki-laki 16 perempuan 13.

Kelas VIID jumlah peserta didik 27 dengan laki-laki 15 perempuan 12.

Kelas VIIIA jumlah peserta didik 30 dengan laki-laki 15 perempuan 15.

Kelas VIIIB jumlah peserta didik 31 dengan laki-laki 16 perempuan 15.

Kelas VIIIC jumlah peserta didik 30 dengan laki-laki 15 perempuan 15.

Kelas VIIID jumlah peserta didik 30 dengan laki-laki 15 perempuan 15.

Kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) Genap dilaksanakan di ruang kelas SMP Negeri 30 kabupaten Tebo bagi siswa yang memiliki Handphone Android yang terdiri dari 12 ruang ujian dan 1 ruang ujian di Labor TIK SMP Negeri 30 kabupaten Tebo bagi siswa yang tidak memiliki Handphone Android.

Kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) Genap dilaksanakan pada hari Senin s.d Sabtu, tanggal 14 s.d 19 Juni 2021, sedangkan bagi peserta didik yang berhalangan untuk mengikuti pada jadwal utama dapat mengikuti ujian susulun pada hari Senin s.d Rabu tanggal 21 s.d 23 Juni 2021.

  1. Faktor Pendukung
  2. Ketersedian fasilitas dan alat pendukung yang memadai di sekolah seperti komputer (PC), wifi, dan ATK.
  3. Kebersedian orang tua peserta didik untuk memfasilitasi anaknya (peserta didik) dengan Handphone Android beserta paket datanya.
  • Faktor Penghambat
  • Adanya peserta didik yang orang tuanya tidak mampu untuk menfasilitasi anaknya dengan perangkat digital seperti Handphone Android.
  • Adanya peserta didik yang kesulitan dalam mengakses Link ujian yang disebabkan oleh kesalahan mengetikan pada tab pencarian browser.
  • Jaringan internet yang terbatas untuk semua provider.
  • Solusi untuk mengatasi faktor penghambat.
  • Peserta didik yang tidak memiliki perangkat digital seperti Handphone Android, pelaksanaan ujiannya difasilitasi di labor TIK.
  • Peserta didik yang kesulitan dalam mengakses Link ujian dibantu oleh Panitia PAS Genap.

Disarankan kepada seluruh peserta didik yang menggunakan perangkat digital berupa Handphone Android untuk menggunakan provider Telkomsel.

SMP Negeri 30 Kabupaten Tebo