Peran Serta Masyarakat di Hari Guru

Penulis: Wasit Wicasono
Kepala SMP Negeri 30 Kabupaten Tebo
Kecamatan Rimbo Bujang Provinsi Jambi

Hari Guru menjadi istimewa karena saat itu diperingati oleh jutaan guru. Ucapan selamat dan doa juga aneka hadiah mengalir mengalir untuk guru. Guru bagai raja atau pahlawan yang menjadi pusat perhatian saat itu. Kali ini mengubah dari menerima menjadi memberi. Dari pusat perhatian menjadi pusat kegiatan, pusat menggerakkan.

A. Merencanakan kegiatan.

Merencanakan kegiatan yang akan dilakukan oleh siswa, guru menjadi pembimbing. Kegiatan siswa bersifat kreatif dan inovatif yang memicu siswa dan kompetitif . Merencanakan bentuk apresiasi yang akan diberikan siswa. Merencanakan bentuk apresiasi yang edukatif dan efisien. Merencanakan bentuk peran serta masyarakat. Merencanakan kegiatan guru yang menjadi inspirasi dan motivasi siswa.

B. Menyusun program.

Menentukan kegiatan dan lomba yang dilakukan oleh siswa dan guru. Menentukan Peran Serta Masyarakat (PSM) dalam kegiatan. Menentukan pertemuan dengan komite dan lembaga sekitar sekolah untuk terlibat dalam kegiatan. Menentukan waktu teknik pelaksanaan. Menentukan bentuk apresiasi siswa yang berasal dari berbagai sumber, peran serta masyarakat.

C. Membentuk Panitia

Melakukan musyawarah guru untuk menentukan panitia dengan melibatkan organisasi siswa, dan Komite sekolah. Mengeluarkan surat keputusan kepala sekolah hasil musyawarah dengan lampiran nama panitia dan lampiran keterangan. Menuliskan keterangan kegiatan yang akan dilakukan oleh guru dan siswa, dan komite sebagai panduan kegiatan. Melakukan rapat koordinasi panitia secara berkala.

D. Melibatkan Komite dan unsur masyarakat lainnya.

Melibatkan seluruh komponen sekolah, siswa, guru, tenaga kependidikan. Keterlibatan semua unsur tersebut sebagai pembelajaran kepanitiaan serta  membangun budaya gotong royong. Gotong royong dalam pelaksanaan kegiatan di sekolah merupakan implementasi pendidikan karakter. Melibatkan Komite Sekolah dan lembaga / badan usaha lain di sekitar sekolah (peran serta masyarakat)  sebagai implementasi peran serta masyarakat. Komite sekolah dan lembaga lain di sekitar sekolah mengetahui dan menyetujui kegiatan yang diselenggarakan sekolah. Komite menyetujui, mendukung dan menberikan bantuan.

E. Sumber dana.

Merencanakan anggaran biaya sesuai kegiatan. Sumber  dana utama dari sekolah. Menggunakan dana BOS dengan mata anggaran peningkatan kompetensi guru, siswa dan pendidikan karakter. Bantuan dana dari guru dalam bentuk sumbangan sukarela dikumpulkan oleh panitia. Sumbangan dari guru digunakan untuk memberikan apresiasi kepada siswa berprestasi. Bentuk apresiasi berupa bahan atau barang yang menjunjang pendidikan dan pembelajaran.

Sumbangan Komite sekolah dan badan usaha di sekitan sekolah, merupakan sumbangan sukarela.  Sumbangan berupa hadiah prestasi siswa, hadiah untuk guru, atau sekolah atau barang lain yang menunjang peringatan hari guru.

F. Skenario Kegiatan.

Menyusun urutan kegiatan dari persiapan, pelaksanaan lomba sampai kegiatan peringatan hari guru. Diawali dengan sosialisasi kepada seluruh siswa yang ditempel di dinding pengumuman. Kepada wali murid melalui edaran dan berbagai grup wali murit yang dimiliki oleh setiap wali kelas. Mendorong wali murit untuk membantu memotivasi siswa mengikuti berbagai lomba. Lomba berbasis kertas maupun berbasis digital derta memberikan informasi tentang bentuk apresiasi pemenang lomba.

Langkah kerja ditulis dalam bentuk panduan. Kegiatan lomba siswa dan penjurian terjadwal dengan jelas. Peserta didik sebagai pendamping mengikuti kegiatan guru sebagai pembelajaran. Menyusun berbagai instrument lomba. Penitia lomba menyusun dan menyosialisasikan kepada siswa dan orang tua.  Mengumpulkan dan memilih karya  terbaik, dan menentukan pemenang. Membuat piagam pemenang dan menyediakan hadiah.

G. Pelaksanaan Hari Guru.

Hari istimewa guru ditandai dengan keterlibatan seluruh guru. Gotong royong seluruh guru dengan melibatkan siswa sebagai pembelajaran. Kegiatan dilakukan dengan penuh semangat dalam rangka memberikan apresiasi kepada siswa. Melibatkan komite dan lembaga lain yang berada di sekitar sekolah. Apresiasi siswa diberikan oleh Sekolah, Komite, dan Partisipasi Lembaga lain ( bank Jambi, Kantor Pajak, Toko Buku Surya Fajar, Toko Elektronik Aniscom, Toko CCTV Sinar Cel, Penerbit Intan Pariwara) kepada siswa yang memenangkan lomba dan berbagai prestasi lainnya. Penyerahan apresiasi dilakukan secara bergantian oleh guru dan komite dan unsur masyarakat lainnya kepada siswa. Meski saat itu ada juga apresiasi dari siswa untuk guru. Apresiasi dari sekolah atau lembaga lain untuk guru, namun kegiatan fokus guru berbagi. Guru memberi, guru menginspirasi.

https://www.facebook.com/groups/573561572734176/?multi_permalinks=3341251109298528&notif_id=1599985042519599&notif_t=feedback_reaction_generic&ref=notif

https://www.instagram.com/smpn30_tebo/